Jumat, 13 September 2013

Penghantar Teknologi Informasi




MANFAAT KOMPUTER UNTUK BERBAGAI AKTIFITAS KEHIDUPAN MANUSIA

  • Bidang Bisnis dan Perbankan



       Dalam bidang bisnis komputer berguna untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat tanpa harus menggunakan perhitungan manual. Sistem Informasi Manajemen (SIM) / Management Information system (MIS), merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan kecil. Di perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan dan menghitung rugi labanya.

        Kehadiran komputer di dalam dunia bisnis juga sangat membantu di dalam penyimpanan data. Tanpa komputer, akan sangat sulit sekali untuk memeriksa banyaknya stok barang yang dimiliki perusahaan retail. Namun dengan adanya komputer dan aplikasinya, memeriksa kondisi stok barang dan juga keuangan perusahaan akan dapat mudah dan praktis untuk dilakukan. Dalam bidang perbankan fungsi komputer sangat sangat berpengaruh sekali dengan segala aktivitas perbankan, baik simpan pinjam dan transaksi keuangan lainnya dapat berjalan dengan lancar. Dengan adanya pemanfaatan komputer dan sistem sistem yang canggih di dalamnya sangat mempermudah jalannya suatu perbankan serta menjamin keamanan dan kerahasiaan dari setiap nasabah. Karena komputer juga berfungsi untuk menyimpan dan mengolah berbagai data. Aplikasi yang terpasang di dalam komputer juga dapat menjadi salah satu sumber data analisa untuk mengambil keputusan di dalam bidang perbankan, misalnya dalam perbankan telah memperkenalkan solusi core banking, seperti Finacle, yang memberikan solusi bagi bank yang ingin melakukan layanan finansial. Penghitungan keuangan, bunga, layanan keuangan seperti e-banking, e-cash, ATM, dan sebagainya merupakan contoh konkrit yang selama ini banyak di gunakan di perbankan.

  • Bidang  Perdagangan
 
Keuntungan penggunaan TIK dalam bidang perdagangan (e-commerce) yang diperoleh perusahaan : 



1. Perdagangan elektronik memungkinkan penjual untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang2.Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi
3. Biaya yang dikeluarkan perusahaan dapat dikurangi karena perusahaan tidak perlu menyediakan took yang lebih besar dan pegawai yang lebih banyak harga barang yang dijual akan lebih murah karena berkurangnya biaya operasional karena harganya murah maka daya saing perusahaanakan meningkat.
  • Bidang Industri dan Manufaktur    
 Di bidang industri dan manufaktur komputer dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided Manufacture),CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk merancang bentuk desain sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, misalnya munculnya sebuah mesin serba guna dalam industri metal. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainnya. Selain itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya adalah merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat lain telah dikontrol melalui komputer. Hal tersebut terjadi, karena dengan dengan pemanfaatan tekonologi komputer pekerjaan di bidang industri akan lebih cepat terlaksana dan praktis, sehingga manusia hanya bertugas menjalankan komputer yang telah dirancang untuk mempermudah dalam proses pekerjaanya.


  • Bidang Transportasi
   


  Penggunaan komputer di bidang transportasi, misalnya komputer yang digunakan untuk mengatur lampu lalu lintas.Di Negara maju lainnya banyak kereta yang sudah dipasang alat navigasi modern untuk menggantikan masinis melalui penggunaan satelit dan sistem komputer.

     Jalan raya juga dipasang dengan berbagai jenis sensor yang akan memberikan pesan kepada komputer pusat untuk memudahkan pengendalian jalan raya tertentu. Selain itu, dengan komputer semua jalur penerbangan di Bandara bisa di program dengan komputer. Untuk menerbangkan pesawat itu sendiri membutuhkan dan harus dilengkapi dengan komputer.

     Bahkan diketinggian tertentu pesawat dapat di terbangkan dengan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram oleh komputer. Demikian juga penjualan tiket di terminal , bandara, dan stasiun yang dapat dilayani dengan cepat menggunakan komputer. 

  • Bidang Kesehatan       

      Perkembangan dunia kesehatan di era modern telah memanfaatkan komputer untuk meningkatkan efisiensi serta efektivitas di dunia kesehatan. Teknologi informasi (dan komunikasi) dengan piranti computer,  saat ini adalah bagian penting dalam manajemen informasi. Di dunia medis, dengan perkembangan pengetahuan yang begitu cepat (kurang lebih 750.000 artikel terbaru di jurnal kedokteran dipublikasikan tiap tahun), dokter akan cepat tertinggal jika tidak memanfaatkan berbagai tool untuk mengudapte perkembangan terbaru. Selain memiliki potensi dalam memfilter data dan mengolah menjadi informasi, komputer mampu menyimpannya dengan jumlah kapasitas jauh lebih banyak dari cara-cara manual. Komputer juga memungkinkan data kesehatan di-share secara mudah dan cepat. Disamping itu, teknologi tersebut memiliki karakteristik perkembangan yang sangat cepat.



  • Bidang Pendidikan



1.      Pendidik dapat memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer. Menurut Sudjana dan Rivai (1989) ada beberapa model pembelajaran dengan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill and practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving), model simulasi (simulations), dan model permainan (game). Model pembelajaran ini dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan  mereka.

2      Kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer. Mereka dapat mengerjakan tugas - tugas dengan kreatif melalui komputer karena komputer mampu menampilkan teks, warna, gerak, suara, video, gambar dan lainnya.

3      Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana yang bermanfaat baginya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.

4      Komputer adalah media atau alat bantu untuk memudahkan pekerjaan. Akan tetapi, kunci terciptanya kualitas pendidikan yang baik adalah dari dalam diri pengguna komputer tersebut baik pendidik maupun peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan ketekunan dari peserta didik, untuk belajar, komputer  hanya akan menjadi benda mati atau pajangan yang tidak memiliki manfaat.
  •    Bidang Seni
        Pada masa awal dibuatnya komputer diharapkan dapat membantu manusia untuk melakukan pekerjaannya. Seiring perkembangannya komputer saat ini sudah dapat melakukan banyak hal dalam membantu pekerjaan manusia di banyak bidang termasuk bidang seni. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang manfaat komputer dibidang seni.

Seni sendiri terbagi atas beberapa jenis seni antara lain: 


1. Seni Gambar
Dalam seni gambar, teknologi yang sering digunakan dalam mengedit hasil dari pemotretan sehingga bisa menghasilkan gambar yang maksimal.untuk hal ini, diperlukan komputer dengan program(photoshop,Coreldraw,dll) yang berfungsi sebagai media editting dalam komputer.


2. Seni Musik
Pada seni musik, untuk membuat sebuah hasil rekaman yang sempurna, sebuah studio rekaman biasanya menyiapkan komputer untuk mengatur tempo,irama.


3. Seni Film
Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.


  •      Bidang Penelitian


Penerapan komputer juga memudahkan dalam penelitian dan riset pengembangan yang berbahaya jika dilakukan oleh manusia dan yang membutuhkan biaya yang besar dengan bantuan simulasi komputer.

Contoh penerapan dalam bidang teknik dan penelitian ilmu penegetahuan diantaranya :

      Para ahli Nuklir dapat membuat model reaktor nuklir pada layar komputer tanpa perlu membuat model sebenarnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari biaya dan resiko bahaya dari nuklir tersebut.

2       Para ahli kimia dapat menggunakan komputer untuk membuat model-model molekul dan  melohat reaksi kimia melalui simulasi dalam pencampuran masing-masing molekul.

3      Ahli Geologi menggunakan komputer untuk mempelajari keadaan tanah serta countour dari suatu daerah.

4      Para ahli perancangan bentuk misalnya perancangan  tata ruang, mobil, arsitektur bangunan / rumah, menggunakan aplikasi dari computer aided design (CAD), program software yang sering digunakan adalah AUTOCAD.
  •    Bidang Rekreasi

     Komputer digunakan sebagai satu sumber alat rekreasi untuk orang ramai dimana permainan komputer, permainan arked, permainan video dan sebagainya mengandungi banyak cip-cip elektronik di dalamnya.
Komputer juga digunakan untuk mengendalikan berbagai jenis alat rekreasi yang canggih seperti roller coaster.

  • Bidang Hankam

    Diantara manfaat komputer di bidang komunikasi yang telah bisa kita nikmati sekarang ini adalah antara lain:
 1. Berbicara dengan keluarga atau sahabat kita Tentu hal ini sudah menjadi sesuatu yang sangat kita butuhka pada saat ini, kita bisa setiap saat berbicara dengan keluarga atau sahabat kita yang berada di tempat yang jauh kapan saja kita inginkan. Karna saat ini hal ini telah didukung dengan adanya inovasi teknologi komputer, baik berupa jaringan hand phone (telepon genggam) maupun melalui jaringan komputer lain yang menggunakan jaringan internet dan satelit.
 2. Sambil bicara kita bisa melihat mereka dengan menggunakan Webcam atau menggunakan 3G Web cam adalah kamera yang terdapat / terinstal pada komputer baik internal atau pun eksternal, fungsi utama dari kamera tersebut adalah sebagai alat bantu komunikasi di mana komunikasi tersebut dilakukan dengan cara video call dan video conference, komunikasi video call dan video conference yang menggunakan komputer ini pada umumnya menggunakan jaringan internet yang memanfaatkan website website tertentu seperti yahoo messenger, skype dll. Karena penggunaan nya yang harus memanfaatkan website website tertentu itulah kamera yang terpasang pada komputer disebut web cam. 


  • Bidang Komunikasi




     Zaman dahulu bila berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita, kita dapat menggunakan fasilitas telepon, tapi itu kita hanya mendengar suara teman atau saudara kita. Dengan komputer kita dapat :
  • Berbicara dengan teman atau saudara kita
  • Sambil bicara kita bisa melihat mereka dengan menggunakan Webcam
  • Dapat menuliskan kata-kata kita kepada mereka (Chating)
  • Juga kita dapat menulis surat kepada mereka (Email)
  • Kita dapat mengirim gambar atau file kepada mereka dll.
  •  
    SUMBER : http://google.com/wikipedia/
     

     NAMA KELOMPOK :
  1. DEANITA RIZKI ANANDA  / NIM : 1312503715
  2. RIZQY NUR AMALIA SEPTY / NIM : 1312500612
  3. LISA KUMALA DEWI / NIM : 1311500993
  4. HARIYADI PAHLAWAN / NIM : 1312502584
  5. GAMAL ZULMEI / NIM : 1312503681
     KELAS XH (SEMESTER 1)

1 komentar: